Cara memperbaiki sofa

Tips, alat, bahan, serta langkah – langkah untuk membuat sofa yang kendor/melorot menjadi lebih kencang, empuk, dan nyaman digunakan untuk duduk maupun berbaring.

Sofa menjadi salah satu furnitur yang vital. Benda ini bisa kita temui hampir di seluruh bagian rumah, baik di ruang keluarga, ruang tamu, maupun kamar tidur. Bentuk dan ukuran sofa yang beragam menjadikan furnitur ini cocok untuk dipasangkan dengan ruangan dengan konsep apapun. Bahkan yang paling baru, kini sofa tak hanya bisa digunakan untuk duduk dan bersantai. Ada beberapa jenis sofa yang bisa dijadikan tempat tidur dengan cara melebarkan alas atau bantalan pada sofa, dan bila selesai digunakan, bantalan tersebut bisa dilipat lagi. Dengan model sofa yang demikian, tentunya sangat membantu Anda khususnya untuk mengakomodasi bila sewaktu – waktu ada tamu yang menginap dan membutuhkan tempat tidur tambahan.

Selain untuk duduk maupun tempat tidur, sofa juga bisa kita gunakan untuk bersantai sambil bermalas – malasan. Tetapi, sering kita temui jika sofa yang lama sudah tak lagi nyaman digunakan karena kepadatan sofa yang berkurang. Akibatnya, sofa menjadi mudah melorot dan tak empuk lagi jika digunakan untuk duduk di atasnya. Bahkan yang terparah, dudukan pada sofa ini bisa melorot hingga hampir menyentuh lantai.

Bila sofa yang ada di rumah Anda menunjukkan tanda – tanda yang demikian, pastinya hal yang pertama terlintas di benak Anda adalah pergi ke toko dan mengganti sofa yang lama dengan sofa yang baru. Tetapi, tunggu dulu. Kadang membeli sofa yang baru belum menyelesaikan masalah. Terlebih bagi Anda yang tak memiliki budget yang cukup, tentunya perlu pertimbangan yang lebih sebelum membeli sofa yang baru. Maka, cari tahu, adakah kemungkinan untuk memperbaiki sofa tersebut.

Bila sofa masih tampak bagus, kerangkanya masih kuat, dan permukaannya masih layak (tidak ada bagian yang koyak, sobek atau berlubang), maka Anda cukup mengganti atau menambah busa yang ada pada sofa tersebut serta menambal beberapa kerangkanya jika diperlukan. Dengan demikian, harapan Anda untuk memiliki sofa yang empuk dan memiliki tampilan baru bisa terwujud.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Triplek / kayu lapis
Bantalan / busa sofa baru yang kuat
Skrup
Paku
Langkah – langkah memperbaiki, menambah / mengganti busa pada sofa lama:

Keluarkan busa yang ada pada sofa tersebut. Biasanya, di beberapa sofa terdapat semacam resleting untuk mengeluarkan atau menambah busa yang ada pada sofa.
Cek kerangka bagian dalam sofa. Bila terdapat frame yang retak, patah, maka sebaiknya ganti dengan frame yang baru. Anda bisa menggunakan kayu untuk menyangga / mengganti frame yang rusak. Selain itu, cek juga apakah skrup atau pengait antar frame sofa masih cukup kencang. Bila sudah kendor. Anda perlu mengencangkannya atau menambahkan paku yang baru agar lebih kuat.
Periksa bantalan pada sofa. Cari tahu apakah yang menyebabkan sofa menjadi kendor dan tak empuk lagi. Sebab, sofa yang tak nyaman digunakan ini bisa dikarenakan dua macam, yakni per yang sudah rusak /patah, atau karena busa sofa yang sudah padat / tertekan, sehingga tak lagi empuk ketika digunakan untuk duduk di atasnya. Untuk mengantisipasi agar sofa tak mudah melorot lagi, Anda bisa menyiisipkan semacam papan di dalam dudukan sofa. Kemudian, tutupi atasannya dengan busa yang baru.
Masukan busa yang baru. Usahakan agar takaran busa yang dimasukkan tidak kurang. Pastikan semua bagian dalam sofa tertutupi busa secara sempurna dan jangan sampai ada bagian yang senggang. Anda bisa, menambahkan semacam bantalan di samping dan atas sofa agar sofa lebih empuk ketika diduduki. Setelah busa maupun bantalan berhasil dimasukkan ke dalam sofa, tutup kembali resletingnya.
Sekarang, cobalah duduk di atas sofa tersebut dan rasakan apakah sofa sudah cukup empuk dan nyaman untuk diduduki atau digunakan untuk berbaring di atasnya. Bila belum, mungkin ada satu atau lebih aspek yang belum benar. Maka, lakukan langkah – langkah di atas sekali lagi.

Kini, dengan sofa yang baru, Anda tak perlu lagi khawatir akan mengalami sakit punggung dikarenakan sofa yang kurang empuk ketika diduduki atau digunakan untuk berbaring di atasnya. Dengan melakukan sedikit perbaikan seperti di atas, tentunya Anda lebih bisa menghemat budget ketimbang membeli sofa yang baru.

Tips:

1. Saat memasukkan busa ke bagian – bagian sofa yang sempit (misal pada sisi kiri dan kanan sofa), maka sesuaikan ukuran busa dan potong bila perlu. Hal ini agar menghindari terciptanya benjolan / bagian yang terlalu menyembul ke atas pada permukaan sofa.

2. Tak semua sofa memilki resleting/zipper untuk memasukkan bantalan serta busa ke dalam sofa. Untuk itu, tak ada jalan lain selain membuat sobekan kecil di tepi sofa. Pastikan sobekan tersebut tidak terlalu besar. Seteleah semua busa selesai dimasukkan, jahit kembali sobekan tersebutnya.